oleh

Kang Nur Motivator Perubahan Masyarakat Pesisir Panjang

-Inspirasi-213 views

Panjang  merupakan kecamatan pesisir yang teletak di kawasan kota Bandar Lampung. Kecamatan Panjang menjadi wilayah yang padat, di daerah ini terdapat satu pelabuhan yang  terbilang  sangat aktif dengan kegiatan ekonomi masyarakat dan kegiatan pelayaran serta bongkar muat kontainer setiap harinya. Seperti kebanyakan daerah pesisir, kecamatan Panjang  sangat padat dengan pemukiman, serta terbatasnya ruang publik bagi masyarakat. Keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh masyarakat dan tingginya masalah sosial, serta lingkungan, mendorong seorang Nur Rachmad melakukan beberapa upaya guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kawasan kecamatan Panjang,  khususnya di Kampung Baru III RT.1 LK.1 Kelurahan Pajang Utara, Kota Bandar Lampung.

Nur Rachmad  sejak tahun 1988, bermukim di Kampung Baru III, dimana masa mudanya diisi dengan berbagai kegiatan kepemudaan, sosial dan keagamaan. Dalam perjalannya Nur Rachmad, yang merupakan alumnus sebuah perguruan tinggi di Bandar Lampung, bidang Sekretaris dan Managemen,  memiliki keprihatinan, atas kondisi masyarakat di Kampung Baru III ini. Munculah berbagai masalah sosial (pengangguran dan kenakalan remaja), lingkungan (masalah sampah, ketersediaan air bersih) dan kurangnya ruang terbuka bagi  masyarakat beraktivitas menjadi perhatiannya.

Dengan semangat untuk memberikan perubahan, Nur Rachmat, yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan panggilan “ Kang Nur”, memulai peran aktifnya dengan menjadi penggiat di lingkungannya, melalui berbagai aktivitas, yang menjadi motivasi bagi masyarakat untuk melakukan aktifitas yang sama. Beberapa inisiatif yang dilakukan oleh Kang Nur adalah membangun kesadaran masyarakat, untuk mengelola lingkungannya secara aktif, melalui berbagai komunikasi dan pertemuan di tingkat Kampung. Inisiatif yang dilakukan oleh Kang Nur diantaranya:

  • Menciptakan kampung yang bersih dengan gerakan bank sampah
  • Meningkatkan keasrian lingkungan pemukiman dengan mengembangkan kegiatan kampung hijau
  • Mengembangkan konservasi air dengan sistem panen air hujan dan biopori
  • Mengembangkan kegiatan karang taruna Dhian Remaja, untuk aktivitas anak muda
  • Mengembangkan Dhasa Wisma
  • Menginisiasi Forum Ketua-Ketua RT Kampung Baru III, serta
  • Mendorong terbentuknya paguyuban Rawat Inap, untuk pasien yang perlu di rawat di rumah sakit.
  • Penyediaan ruang terbuka hijau di pantai.

Kang Nur hadir di tengah masyarakatnya dengan memberikan banyak inisiatif, yang secara tidak langsung, memberikan perubahan pada masyarakatnya. Baik berupa akses layanan publik, hingga peningkatan mental spiritual masyarakatnya, dengan dukungan dari berbagai pihak. Keberadaan seorang Kang Nur, menjadi inspirasi bagi masyarakat lain, untuk mengambil peran, dalam melakukan perubahan yang lebih baik, dengan membaktikan kapasitas kemampuan yang mereka miliki. Kehadiran Kang Nur menjadi pengikat banyaknya pihak-pihak yang tertarik untuk mendukung program pengembangan masyarakat secara berkelanjutan.

Pilihan Kang Nur untuk mengembangkan kualitas hidup masyarakatnya, mendapatkan dukungan dari para pihak, disekitar Kampung Baru III, diantaranya  PT.Pertamina, dalam program kampung Iklim dan pengmbangan ruang  trbuka hijau KABARTI. Selain itu masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya, Kang Nur didampingi pula oleh Lembaga Sosial Masyarakat Mitra Bentala, dalam pengembangan pemberdayaan masyarakat.  Banyak pembelajaran yang diberikan oleh Kang Nur, tentang bagaimana membangun kebersamaan dalam masyarakat, untuk meraih perubahan dan menggaalang dukungan, dari para pihak terkait. Semoga akan ada banyak muncul Kang Nur lainnya untuk masa depan masyarakat pesisir.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *