oleh

Hemat Air Di Musim Hujan, Dengan Pemanenan Hujan

-Perkotaan-293 views

Musim hujan sudah tiba, kondisi ini disambut dengan sukacita oleh masyarakat setelah mengalami kemarau panjang di tahun 2019.  Masyarakat dan pemerintah telah bersiap dan mengantisipasi berbagai kemungkinan dari datangnya musim hujan 2020. Ancaman banjir, longsor dan badai menjadi pengalaman yang dirasakan oleh masyarakat dari tahun ketahun sebagai dampak dari prilaku masyarakat yang tidak bertanggung jawab dan terjadinya perubahan iklim.

Datangnya musim hujan sebagian besar kita selalu melihat kelimpahan air  yang turun dari langit dan dibiarkan terus mengalir keselokan/parit dan kali/sungai lalu ke laut. Air hujan yang turun dibiarkan mengalir dan terbuang begitu saja tanpa dimanfaatkan lebih lanjut, sementara di musim kemarau kita sangat kekurangan air untuk kebutuhan berbagai hal. Menghemat air di musim hujan dapat dilakukan dengan memanfaatkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Saat ini istilah panen hujan mulai dikenal oleh masyarakat terkait dengan memanfaatkan air hujan yang jatuh diatas atap rumah kita untuk di tampung baik dalam tangki penampung air.prinsip panen hujan adalah memanfaatkan air hujan semaksimal mungkin sebagai pemenuhan kebutuhan air di rumah seperti untuk menyiram tanaman dan mencuci kendaraan dengan alat yang sederhana. Dengan panen hujan kita dapat mengurangi kebutuhan air bersih dari PDAM maupun dari sumur bor yang membutuhkan biaya tambahan untuk rtribusi dan listrik.

Dengan pemanenan hujan secara tidak langsung kits juga membantu pengelolaan managemen air untuk mengurangi besarnya limpasan air hujan di lingkungan rumah kita. Pemanenan air hujan menjadi solusi yang cukub efektif untuk meningkatkan penyediaan air bagi kebutuhan rumah tangga di lingkungan padat pemukiman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *