oleh

CORONA : LINGKUNGAN JADI LEBIH TERPELIHARA, MUNGKINKAH BERLANJUT

-Perkotaan-183 views

Awal tahun 2020 menjadi sejarah dalam peradaban manusia di mukabumi ini, ketika munculnya wabah pandemi Covid 19 Corona. Bagaimana tidak mnculnya isu ini diikuti dengan berbagai  pemberi taan tentang virus Corona yang belum di temukan pengobatannya dan berkembang dengan pesat hingga me ngakibatkan kematian.

Dampak penyebaran Corona yang begitu cepat telah mendorong munculnya berbagai tindakan untuk memutus penyebaran virus ini yang disinyalir dilakukan oleh manusia sebagai pembawanya.Pelarangan aktivitas di ruang terbuka dengan pebatasan jarak serta penggunaan masker menjadi pilihan untuk mengurangi bahkan memutus penyebaran virus corona di muka bumi ini.

Kondisi menghentikan aktivitas keseharian manusia untuk memutus penyebaran virus Corona menjadi sebuah tindakan yang sangat memberikan efek besar bagi kehidupan, dimana setiap orang hanya diperkenankan untuk melakukan aktivitasnya dari rumah (WFH) work from home. Setiap orang pada akhirnya tak mampu untuk membuat sebuah pilihan dalam melakukan kebijakan pemutusan penyebaran virus corona minimal 14 hari untuk beraktivitas dari rumah bahkan di beberapa wilayah justru di perpanjang dengan PSBB (pembatasan sosial berskala besar).

PSBB mengisyaratkan suatu wilayah aktivitas sosisl dan ekonominya dihentikan sehingga tidak ada aktivitas diruang publiknya. Ada hal yang menarik ketika kita mencoba melihat relefansi penyebaran virus Corona dengan pemulihan lingkungan yang selama ini terlihat tereksploitasi dan tak terawat. Hal yang sederhana yang dapat dilihat saat ini masyarakat melakukan aktivitasnya secara selektif dari keinginan untuk berbelanja hingga melakukan aktivitas lainnya.

Penggunaan kendaraan semakin terbatas, kondisini memberikan pengaruh terhadap membaiknya kondisi udara kita dengan berkurangnya pencemaran udara. Tingkat konsumsi yang terbatas telah pula mengurangi beban sampah di perkotaan bahkan plastikpun semakn jarang terlihat di tingkat rumah tangga,  masing-masing rumah tangga telah menghemat pengeluaran untuk bahan bakar kendaraannya.

Secara tidak langsung masyarakat luas melalui instruksi pemerintah serta ketaatan akan risiko ancaman corona telah membuat pilihan untuk tetap di rumah. Efek  virus corona di sadari atau tidak telah mendorong manusia di bumi ini melakukan upaya untuk tidak serakah daam menikmati kehidupan di muka bumi ini. Sesaat bumi bisa bernafas lega karna kebaikan yang terjadi saat ini akankan prilaku umat manusia untuk tetap hidup berwawasan lingkungan pasca pandemik Covid 19 ini ?, masih menjadi tanda tanya yang besar.

Peran pemerintah untukk fokus dan konsernt terhadap pengelolaan lingkungan harus dapat di kawal sebagai sebuah kebijakan yang dapat menyelamatkan kehidupan dimasa depan bangsa dan umat manusia. Kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup  yang mempertimbangkan keberlangsungan. Vvirus Corona menjadi pembelajaran yang luar biasa untuk kita dalam menata kehidupan yang bersinergi dengan keberadaan sumberaya alam bagi masa depan umat manusia dan generasi penerus.

Kota Bandar Lampung
Bandar Lampung di malam sepi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *